Senin, April 08, 2013

Trip Imlek dan Kakap Merah.


Ini adalah trip ke 2 AFC ke Pulau Tunda. Bertepatan dengan hari raya Imlek, tanggal 10 Pebruari lalu, teman-teman AFC diantaranya Yoga, Iqbal, Agus Abdulah dan putranya Azam, Amir, Goes Spot, Edi Karo, Chandra dan Saya kembali trip ke Pulau Tunda. Namun ini bukan trip resmi AFC, hanya spontanitas dari para anggota saja. Berangkat jam delapan malam dari Jakarta, tiba di Karangantu jam sebelas malam. Trip kali ini menggunakan kapal Kapten Solihin yang sudah terkenal memiliki spot-spot potensial di seputaran pulau Tunda. Rencananya kami akan mancing di Rumpon yang sudah sekian lama tidak dipancing. Semoga sukses, itulah harapan kami.

Berangkat dari dermaga samping TPI Karangantu jam 12 malam, perjalanan kurang lebih 3 jam menuju spot. Tibalah di rumpon pertama. Azam putra Pak Agus Abdulah mengawali strike di spot ini. Umpan kotrekan gajrud dikombinasikan dengan cumi iris berhasil menaikan Kakap merah ukuran sekiloan. Di spot lain Azam juga berhasil menaikan ikan Jambal ( sejenis Cat Fish ). Ikan terberat adalah Kakap Merah yang dinaikan oleh Yoga dengan teknik hand line. Teman-teman lain juga menaikan ikan kakap merah juga. P Agus Abdulah beberapakali strike ikan kue, dan Chandra berhasil dobel strike Kerapu.

Cuaca hari itu termasuk nyaman. Laut cukup flat dan cuaca tidak terlalu terik. Hanya angin yang kurang membuat hawa terasa sangat panas. Mancing di pulau tunda, kendala umumnya adalah arus yang sangat kuat. Jadi piranti yang digunakan harus benar-benar tangguh. Atau bisa disiasati pakai teknik hand line. Berpindah-pindah spot arus laut tetap sekitar J20-J30. Ikan yang terangkat di dominasi Kakap merah. Ada juga Kue, kerapu, Jambal dan Jenaha. Trip yang cukup menyenangkan meski tak terbilang sukses. Sekaligus juga sebagai ajang silaturahmi antar anggota. Salam strike. agussuyanto

Tidak ada komentar: