Senin, April 08, 2013

Muara Pakis - Karawang

Musim Tengiri telah Tiba.

Tanggal 3 Pebruari 2013 lalu, Saya, Boechory,Tatang, Rexy, Wiraji dan P Waji trip ke muara Pakis Karawang. Cuaca memang belum stabil. Tapi hari itu cukup aman untuk turun mancing. Berangkat jam 9 malam dari Jakarta sampai di Pakis jam 1 dinihari. itu karena kami harus mampir makan malam dan membeli logistik untuk di kapal. Kami menggunakan kapal Ropik Pakis. Akses dari karawang menuju muara pakis terkendala dengan kondisi jalan. Sehingga waktu tempuh menjadi lama.

Tiba di dermaga tak bisa langsung turun karena angin berhembus cukup kencang. Setelah angin reda jam 3 kami berangkat. Kami terbantu oleh pasang tinggi, sehingga kapal tak kandas. Di spot pertama ABK ngotrek tembang untuk ngoncer tengiri. Sementara kami mancing dasaran dengan umpan udang. Sambutan cukup bagus. Tatang berhasil menaikan Kakap Merak ukuran table size dan saya juga berhasil menaikan Kerapu terbilang besar. Wiraji dan P Waji ngocer di buritan, namun belum ada sambaran sampai kami pindah ke spot kedua.

Di spot kedua, Konceran P Waji disambar ikan Talang-talang cukup besar. Namun harus merelakan ikannya mocel karena main line putus di kili-kili. Tak lama disusul strike berikutnya. Rupanya Tengiri ukuran 3-4kiloan yang memangsa umpan. Ini Tengiri pertama buat kami. Disusul Waji strike ikan Gabus laut / Cobia ukuran 6 kg. Luar biasa strike ikan ini. Saat sudah dipermukaan sirip pungungnya seperti hiu. Sayapun mendapat strike ikan Tengiri di spot ini. Bosan dengan mancing dasar, rangkaian unjung kail mancing dasaran diganti dengan setting neklin tengiri dengan timah J3 untuk koncer tengah. Lumayan. Tengiri ukuran 3 kg naik keatas kapal. Dari total 7 tengiri yang naik, 5 diantaranya adalah hasil tangan dingin P Waji. Pemancing senior yang sangat berpengalaman. dan 1 ekor dinaikan ABK.

Sepi di spot kedua kami putuskan balik lagi ke spot awal. kami kembali menambah perolehan ikan dasaran seperti kakap merah dan jenaha. Selepas makan siang kami diguyur hujan lebat. Strike mulai sepi, dan kami putuskan balik kedarat. kami bersyukur trip saat musim masih colongan namun hasilnya cukup lumayan. Pulangnya kami memutuskan via Babelan. Ternyata jalur ini jauh lebih mulus dan lancar. Hanya dua jam perjalanan untuk pulang ke basis di bilangan Senen Jakarta Pusat. Trip awal yang bagus di akhir musim baratan. agus suyanto