Jumat, Januari 30, 2009

Pemandian Air Panas Ciseeng.




Pemandian Air Panas Ciseeng.

Sebelumnya, yang saya tahu pemandian air panas ya di Ciater atau di Ciwidew Bandung. Ternyata ada juga loh di seputaran Jakarta. Tepatnya di daerah Parung - Bogor. Nah...jika anda suka dengan terapi air panas baik untuk pengobatan atau untuk menghilangkan pegal-pegal di Ciseeng Parunglah tempatnya. Tidak terlalu jauh bukan ?. Lokasinya yang tersembunyi membuat saya yang baru pertama kali kesana harus rajin-rajin bertanya. Sebelum memasuki lokasi kita akan dimintai sumbangan oleh hansip. Memasuki pintu gerbang ada tarif resmi dewasa 5,- dan 3.000,- untuk anak-anak. Untuk bisa menikmati air panas ada 2 pilihan tarif yang dikolam umum 5rb/orang dan yg di dalam kamar 10rb/orang.

Lokasinya cukup asri, ada saung-saung diatas kolam, ada play ground dan warung-warung makan. Mata air panas muncul dari semacam bukit batu kapur yang setinggu kurang lebih 25 meter. Kawasan ini memang berbeda dari kondisi sekitarnya yang rata-rata dataran. Pengunjung tempat ini terkonsentrasi pada 3 tempat. Pertama langsung menaiki bukit kapur, kedua langsung menggelar tikar di rumput untuk makan bekal dari rumah atau pesan di lokasi, yang ketiga langsung menuju ke tempat pemandian. Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh khas Bogor seperti talas, bengkuang, pisang dll tersedia di areal parkir kendaraan.

Selain di Ciseeng, ada satu lagi tempat pemandian air panas di sekitar Bogor. Namanya Pemandian Air Panas Gunung Pancar yang terletak di Babakan Madang - Sentul. Namun saya belum sempat kesana. Suatu saat jika ada kesempatan saya akan kesana. Apalagi informasi yang saya tahu disana ana tempat camping di areal hutan pinus. Bayangan udara segar dan dinginnya sudah menggoda saya untuk segera kesana. Touring motor ke Gunung Pancar, ada yang mau gabung ?.










Tidak ada komentar: